Menampilkan postingan dari 2010Tunjukkan semua
Cerita Komentar Pembaca

"Hi Fida, Suka banget sama cerpen-cerpenmu.. terutama yang judulnya SIFA dan CATATAN, keren euy...." Sms itu baru aja aku dapatkan dari seorang sahabat ku dijakarta, Riska damayantu yang suka aku panggil "Jeand dut", selama ini para pembaca cerpenku selalu memuji "DOSA LAMA", mungkin karena itu yang baru aku publish di facebook. Ketika launching tanggal 5 Desember 2010 kemaren, ada sebuah komentar menarik mengenai cerpen yang berjudul "Catatan" ini. Seorang peserta, memberikan komentar pada salah satu tulisanku di halaman 110, yang isisnya seperti i…

Selasa, 14 desember 2010 Ahza udah tidur, sedang hamdi lagi belajar. Belajar selembar.. pertanyaannya berlembar-lembar.. "Ma, bunga sedap malam itu gmn? berarti bisa di makan? kan namanya 'sedap?" atau "Ma, Pare kan pahit kok ada yg mau makan?" trus "ma cariin di google, bola bekel itu kyk mana bentuknya, sekalian sama cengkeh kering ya, Ma?" Dan aku baru tau dari Hamdi ternyata sedap malam memang bisa dimakan :)) **** Kemaren waktu dijalan Hamdi banyak cerita, salah satunya: "Ma, lipas itu kan waktu musim panas…

Ceritanya, kunjungan kami berlabuh di rumah Isni, salah satu pengurus FLP. Rumah yang mempunyai lingkungan yang sejuk dan masih berbau hijau, alias asri. Kesananya aja harus melalui pemandangan yang luar biasa. Jalan setapak namun bersih, sawah, pohon-pohon rindang, juga aneka bunga di pinggir jalan. *baru sadar klo ada daerah kayak gini di darussalam Dirumah Isni dan Rumah-rumah sebelumnya, Hamdi dan Ahza *terutama Hamdi, memunculkan ke'unik'an nya yang kata sebagian orang di kategorikan 'lasak'. Namun, lagi-lagi Hamdi mampu menarik perhatian teman-teman barunya di FLP (…

Maka, kami segera melanjutkan perjalanan. Tapi kali ini tidak langsung menuju RumCay, Wahay? eh Why?. Aku teringat belum memberikan sebuah hutang janji untuk acara 1 blogger 1 book nya Aceh Blogger Community. Maka, kami menyambangi sebuah toko buku yang ikut mensponsori 'Launching" Bukuku nanti, Tb. Pustaka Paramitha. Sebagai catatan, Tb. Pustaka Paramitha dan Tb. Alif cukup layak dijadikan tempat berbelanja buku. Selain karena mereka salah dua sponsor acaraku nanti, tapi memang di toko buku tersebut banyak sekali buku-buku bagus yang jarang di jual di toko buku lain, terutama Tb. p…

Acara mandi Ahza masih belum kelar, tangisannya karena ditinggal olehku akhirnya bersambung keluar kamar mandi. dengan tetap melafazdkan "Ahza gak mau basahh lambuttt" berulang kali. "Ya udah yok ayah mandiin lagi ya... yang ini rambutnya ayah keringin dulu pake' handuk". Dengan inisiatif kencang, si Ayah menawarkan diri "huuuu u u... iyaaa" jawab Ahza dibuat iba Aku keluar dari kamar masih dengan cemberut ke Ahza (pura-puranya ikut ngambek), tapi ngambekku ala emak-emak cerewet "Ahza gitu terus.. pas lagi pengen cepet slalu bikin-bi…

Gak nyangka klo hari ini bakal ikut seru-seruan bareng anak-anak mudanya Flp Aceh. kira-kira dua hari lalu, dapet sms dari Riza rahmi yang ngakunya pelayan umum *weleh, bilang kalo tanggal 20 mau kovoi halal bihalal ke rumah-rumah sejawat. Kayaknya seru kan.. sekalian jalin silaturahmi sebagai orang baru. Nah, tanggal 20 tepatnya tadi pagi, aku ngecekin lagi sms si pelayan umum. Tak terlihat kemarin, klo ngumpulnya itu pagi jam 09:00. Huaaaa... sussehhh donkk...-_- . Masalahnya terlalu banyak alasan. Pertama, Jam segitu statusku sebagai 'pure' Ibu Rumah tangga masih berlaku. Dengan k…

Mengapa Puisi?

Mengapa aku suka dengan puisi? 1. Puisi penuh diksi indah Aku semakin kaya kata, kaya wacana. Kata-katanya lebih meneduhkan daripada kalimat biasa. Terkadang suatu masalah dapat lebih indah difikirkan dengan merangkainya dalam puisi 2. Kaya wawasan Setiap kali ingin menempah sebuah puisi, aku mengumpulkan banyak sekali sumber kata. Latar belakang, makna, dan filosofinya. Sehingga, otomatis aku semakin sering membaca. Bayangkan untuk sebuah puisi, aku harus membaca minimal 10 artikel tentang apapun (bunga, kimia, batu, udara, tata surya, dll). Banyak ilmu bukan? 3. Hemat kata…

[Buku Baru] Puisi diantara Hari

[Buku Baru] Puisi diantara Hari Sudah tau belum, menerbitkan buku tidak seribet dan sesusah yg kita bayangkan. Smua bisa dinikmati dan di pelajari. Mari kita kupas bongkar rahasianya di Talkshow "Mudahnya menerbitkan buku", sekaligus launching Buku perdana saya "Puisi diantara Hari" pd 5 Desember 2010. Tempatnya dimana? - Aula Flexi Telkom Aceh, Jl. SA. Machmudsyah no 10A Tiketnya mahal nggak? - Wah, ya nggak dong.. Harga tiket hanya Rp 40.000 saja Tapi 40 ribu kan duit juga, fasiliitasnya apaan tuh dengan duit segitu: *hohohoho - fasilitasnya: - 1 Buah Buku &q…

Sebuah Tali Asih dari Pakdhe Cholik

Pertengahan pagi dan siang ini, ketika aku sedang melakukan tugas rumah tangga sambil sesekali melihat suara beep dari ym operator dan tweetdeck, tiba tiba hamdi yang baru saja aku minta tolongin beli Rinso di warung depan berteriak "Maaaaa... ada kiriman nih dari surabaya". Cucian yg notabene adalah baju kerja si dia (gak dicuci make mesin cuci) langsung aku tinggalkan. Secepat kilat [eh .. ndak ding.. ya dibawahnya kilat dikitlah] aku menyambangi posisi anakku yang memegang Rinso di tangan kanannya dan sebuah bingkisan ditangan kirinya. "Ma itu dari siapa ma?? isinya apa???…

Tujuh Tahun Pernikahan

Harusnya sih sekarang ini aku bikin puisi yang temanya 'mengenang 7 tahun pernikahan' aku dan suamiku di blog ku ( Puisi Fida ). Berhubung mandek... biarlah aku berkoar-koar sejenak di blog yang ini. Aneh juga, bagi pasangan muda seperti kami... tanggal pernikahan saja bisa terlewatkan dan tidak ada perayaan spesial sedikitpun. Mungkin kami terlalu sibuk dengan fikiran kami masing-masing atau malah sudah tidak lagi memikirkan moment seperti itu. Ini salah, justru moment seperti itu yang dapat menghadirkan kembali gairah pengantin baru (atau jangan2 karena selalu bergai…

Diumur berapa aku belajar menyetir? Kapan pertama kali kamu belajar naik mobil? Ada yang waktu SMP, SMU, waktu kuliah, ada juga yang setelah kerja karena tuntutan kerja dan lingkungan. Aku sendiri mulai mengenal dunia setir menyetir dan akhirnya menjadi supir emakku diumur 17 tahun. Kenapa nggak 16 tahun aja pas kelas 1 SMU, kan judulnya udah SMU?.. Lah ya gak bisalah... jelas-jelas peraturannya umur 17 tahun.. (itu loh yang selalu jadi alasan si ayah kalau aku ingin belajar nyetir waktu kelas 1 SMU). Setelah ulang tahunku yang ke 17, awalnya aku minta belajar naik motor. Pengen na…

Untukmu Guru-guru ku TK sinar Mulia

Engkau dan sebongkah senyummu Menggenggam jariku ketika pelupuk mataku basah Menarikku lembut ketika ibu menghantarku untuk pertama kalinya Dan ia menghilang sejenak Saat itu.. Tak ada faham selain menangis Dipangkuanmu aku menyerah Bersama musikmu aku bangun Dan aku mulai terngiang senyum saat kau bercerita Bersamamu aku mengenal cinta orang-orang disekelilingku Menggaruk pasir demi mencari mutiara hingga sadar akan keberadaanmu yang terus menggenggamkan mutiara itu ditanganku agar kelak aku lebih berarti dimata dunia dan TUHANKU 4 tahun .. tak pernah cukup untukku 4 tahu…

Surat untuk ayah yang lagi mancing

Assalamu'alaikum ayah sayang.. Udah hampir Isya nih yah. Kok ayah belum pulang juga. Bosen nungguin ayah dirumah. Seharian mama bertiga sama Hamdi dan Ahza, seharian mama coba-coba bikin puisi, seharian mama bingung mesti ngapain. Padahalkan harusnya biasa aja... Lah ayahkan emang sebenarnya dari senin sampe jum'at emang kerja pulang magrib terus. Tapi klo libur gini gak ada dirumah, mama jadi susah hati. Ayah sih, kesenengan barunya mancing. Mancing itu kan lama yahh.... Kayaknya belang kulit sebulan lalu karna mancing ditengah laut masih blom ilang deh. Yahhh... mama bosen nih n…

Tentang Saya

Panggil saya Fida atau Pida. Sekarang ini saya masih dengan profesi utama saya sebagai Ibu Rumah Tangga sambil mengurusi bisnis fashion saya dengan brand  Aufadina (IG @aufadina_store). Mempunyai dua anak yang sudah remaja, penyuka drama korea dan film, suka berhayal, dan sekarang ini menetap di Depok (setelah sebelumnya menetap di Banda Aceh)