Beberapa waktu lalu, suami, yang baru pulang dari Surabaya membawakanku oleh-oleh makanan khas Surabaya. Diantaranya adalah Sambal “Bu Rudy”, Udang Crispy “Bu Rudy”, Serundeng “Bu Rudy”, dan Almond Crispy Cheese dari Toko Wisata Rasa.
Yang paling nendang buatku adalah sambal “Bu Rudy”. Bagi kamu pencinta sambal dan sedang berjalan-jalan ke Surabaya, boleh mencoba untuk membeli sambal ini. Pedasnya itu yang nendang sangat. Bahkan ketika aku membuka tutup bagian dalam yang terbuat dari alumunium foil, aroma pedasnya langsung menusuk hidung.    
Sambal “Bu Rudy” ternyata mempuanyai 3 varian rasa dengan 3 tutup dengan warna berbeda. Yaitu, tutup kuning adalah sambal bawang, tutup hijau adalah sambal hijau, dan tutup merah adalah sambal bajak.
Nah, yang dibawa pulang oleh suamiku adalah sambal bawang (tutup kuning). Aku belum mencoba dua sambal yang lain, tapi untuk yang sambal bawang ini, highly recommended lah, pedesnya itu ya mengenakkan. Tidak perlu menyendok banyak-banyak. Cukup setengah sendok sudah cukup untuk makan beserta lauk sepiring.
  
Foto adalah Dokumen Pribadi 
Sebagai teman sambal, suami juga membawa pula produk Bu Rudy lainnya. Yaitu Udang Crispy dan Serundeng. Barusan saja aku mencoba makan nasi pakai sambal dan udang crispy Bu Rudy, ternyata Maknyos sangat. Cocoklah.   Udang crispy ini bisa sebagai pengganti kerupuk, karena memang teksurnya hampir mirip kerupuk jika masuk ke mulut. Kerupuk rasa udang gitu. Kalau suka, bisa juga ditambah pakai serundeng.    
Berapakah harga sambal Bu Rudy? Sebenarnya aku tidak tahu harganya kalau membeli di depot langsung. Tapi tadi aku coba mengecek di beberapa market place, ternyata ada. Kisaran harga untuk 1 paket berisi 3 varian rasa adalah mulai dari Rp 65.000 sampai 90.000.   
Oh ya, berdasarkan yang aku baca dari ulasan beberapa tulisan mengenai Bu Rudy, Sambal Bu Rudy mempunyai ke khas-an dalam kemasan botolnya. Yaitu, bentuk botolnya hanya dimiliki oleh produk Bu Rudy sendiri. Jadi, jika ingin membeli sambal Bu Rudy, pastikan bahwa kemasan dan bentuk botolnya sesuai dengan yang asli. 

  

Udang Crispy (Foto adalah dokumen pribadi)
Kisah Bu Rudy   
Lalu, bagaimanakah perjalanan Bu Rudy hingga memiliki bisnis yang super terkenal di Surabaya ini, bahkan dijadikan tempat untuk membeli oleh-oleh bagi wisatawan? 
Bu Rudy, aslinya berasal dari Madiun, yang kemudian hijrah ke Surabaya setelah memanasnya Gerakan PKI di Madiun. Beliau bertemu dengan jodohnya, yaitu Pak Rudy, di Surabaya. Kala itu, zamannya masih susah, jadi beliau rajin memasak padahal awalnya tidak suka memasak.

Suatu hari, Pak Rudy membawa pulang ikan hasil pancingan, lalu dimasak oleh Bu Rudy dengan sambal hasil olahan beliau. Tak hanya makan sekeluarga, Bu Rudy mengundang teman-temannya untuk makan bersama. Teman-temannya sangat heran, bahwa Bu Rudy yang seorang Chinese sangat lihai memasak makanan kampung, seperti sambal bawang kampung dengan ikan asin, udang kering, pecel, makanan dari tempe, tahu, dan makanan kampung lainnya. Menurut Bu Rudy, beliau memang berasal dari kampung, tentu saja lidah dan selera rasanya adalah makanan kampung. Dan resep sambalnya juga berasal dari kampung halamannnya, Madiun.
Kemudian, teman-teman Bu Rudy menyarankan untuk membuka usaha kuliner karena sambalnya enak sekali. Maka di tahun 2000, Bu Rudy membuka depot/warung makan yang diberi nama Depot Bu Rudy. Tidak ada promosi dan iklan. Semuanya berdasarkan kabar mulut ke mulut, hingga menjadi terkenal. Bahkan design dari logo Bu Rudy pun sangat sederhana. Hanya ada foto Bu Rudy dan tulisan Merk Bu Rudy saja.    
Bu Rudy berpesan dalam sebuah wawancara yang dikutip dari link ini, “Jadilah Pemuda Yang Tidak Malas Bekerja. Karena Kamu lebih Pintar dari Aku, Tentu Kamu harus Lebih Sukses Dari Aku.”
Serundeng Bu Rudy (Foto adalah dokumen pribadi)

*Tulisan sudah pernah tayang di blog steemit milikku @fidaarfah

26 Komentar

  1. Ih bikin ngiler aja, kan jadi pengen ke Bu Rudy lagi :D
    Enak nih, saya beberapa kali makan di Bu Rudy, tapi yang di Dharmahusada.

    Sejak belum nikah, saya sering makan nasi udangnya.
    Orang kantor dulu paling suka pesan nasi kotak udangnya, sambalnya tuh bikin nggak bisa berhenti makan hihihi

    BalasHapus
  2. Iya ya mbak banyak orang yang awalnya gak suka masak tapi malah terkenal dengan memasak contohnya Bu sisca yang suka masak di indosiar

    BalasHapus
  3. Ini emang enak. .
    Dulu saat masih kuliah, suka bgt makan yg di daerah dharmahusada dekat kampus soalnya..

    Skrg cabangnya juga lumayan banyak, di mall mall juga ada

    Sambel udangnya bikin makan nggak bisa berhenti

    BalasHapus
  4. Ga usah nanya lagi deh, kesukaan say nih sambal. Walaupun agak mahal harganua xixix the best sambalnya

    BalasHapus
  5. Jualan sambel bisa terkenal dan sukses

    Asalkan ulet, semua usaha akan berhasil ya?

    BalasHapus
  6. Saya dan suami tim sambal level tinggi nih. Seperti harus coba sambal tutup kuning milik Bu Rudy ini hehehe... Ini sambal usaha rumahan yang sudah melejit kah?

    BalasHapus
  7. Harganya lumayan mahal juga ya. Kalau pas harga cabe mahal, apakah tetap segitu juga. Tapi jadi penasaran juga nih pengen nyicip

    BalasHapus
  8. Sambal, udah crispy, serundeng, aku seketika membayangkan nasi hangat di pagi hari begini padahal adzan Subuh aja belum berkumandang. Hayoh, tanggung jawab lho Mbak, hahaha ...

    Aku sering ke Surabaya tapi kok nggak kepikiran beli oleh-oleh Bu Rudy ini, ya? Habis kalau di sana, otaknya udah sibuk cari tahu campur dan rujak cingur melulu, hihihi ...

    BalasHapus
  9. Oalah, favoritku juga itu mba, Sambal bu Rudy yang tutup kuning, Sambal Bawang dimakan pake nasi anget dan ebinya duh nikmat banget. Bisa habis sebotol sendiri aku tuh.

    BalasHapus
  10. Wah dari dulu pengen nyobain Sambal Bu Rudy ini kenapa belum jadi-jadi ya. Sambal ini termasuk salah satu favorit nih, keknya makan tanpa adanya yang pedes-pedes itu kurang sesuatu. Sekaligus bahaya, karena bikin makan makin lahap dan takkk terkendali, wkwk

    BalasHapus
  11. Ya Allah...sambel aku jd inget, aku sampai skrg msh suka sikirimin sambel ibuku pakai one night service gitu hahahaha.

    Aku pernah makan smabel Bu Rudy emang mantab banget sampai banyak sambel2 brand lain ngikutin tapi tetep lbh mantab in my opinion yaaa....

    Dan aku pikir Bu Rudy ini afa hubungan dengan Rudy Chorudin ternyata nggam ya? Hahahhaa
    Hayooo siapa yang punya pemikiran sama dengan aku tentang bahwasannya kalau Bu Rudy ini ibunya Cheff Rudy Choiruddin? Hahahaha

    BalasHapus
  12. Sambal favorit dan legendaris ini. Suami saya setiap meeting di Surabaya, sering nih bawain sambal Bu Rudy. Pedesnya nendang dan enakkkkkkk.

    BalasHapus
  13. Wuuahh kangen sambal bu Rudy.. paling favorite yang tutup hijau. Enak banget, bikin ketagihan hihihi

    BalasHapus
  14. Saya pecinta sambal juga mbak. Kalau ke Surabaya lagi mau beli ah sambal bu Rudy. Harganya juga standar ya.

    BalasHapus
  15. Huwaaa sambel, mau mbaa enak banget itu buat lauk.
    AKu suka sambel bawang, enak diaplikasikan sama nasi anget dan gereh ikan asin wkwkkw jadi laper

    BalasHapus
  16. Ini udah jadi oleh-oleh wajib kalau ada yang ke Surabaya hehehe. Enaaak dan suka banget. Tapi khawatir bikin nambah gendut karena maunya nambah nasi terus hahaha

    BalasHapus
  17. Saya pecinta sambal, liat Sambel ini langsung ngiler luar biasa.. 😭 terlihat sangat enak dan pedas dan auto laper..

    BalasHapus
  18. katanya ini bu rudy msh satu keluarga dgn chef arnold poe nih haha. enak sih emang sambel nya

    BalasHapus
  19. Aku sering nih dapet oleh2 dari surabaya tapi biasanya kripik ceker, usus, tripang dan sevangsanya. Yg sambal bu rudi ini lom pernah malahan. Auto request ini sih 😄😄

    BalasHapus
  20. Wahhh jadi ngiler pengen makan. Kangennn. Emang top vznget deh sambal bawang dan kremes udangnya. Blm ada yang menandingi 😎

    BalasHapus
  21. Wow, keren kisah Bu Rudi sangat inspiratif dan akhirnya jadi bisnis Bu Rudi. Dari fotonya, sambalnya cukup menggoda.

    BalasHapus
  22. Selain nasi udang Bu Rudy yang terkenal itu, ada juga yang favorit yaitu Sambel Bu Rudy, teman-teman adikku yang di luar negeri aja minta dibawain sambel Bu Rudy

    BalasHapus
  23. Inspiratif ya kisahnya, dari mengajak teman-teman makan di rumah jadi dapat saran untuk buka usaha kuliner seperti sambal bu rudy ini. Bahkan usahanya bisa jadi oleh-oleh khas Surabaya ya.

    BalasHapus
  24. pedesnya mau banget sambel bu Rudy.
    Tapi yang paling seneng itu kalau ketemu langsung beliau. Energik dan semangat banget dalam bekerja. Jadi ikutan semangat kalau melihat beliau deh.

    BalasHapus
  25. Makanan keluarga Bu Rudy nich jadinya. Hehe.. Btw, sambalnya bikin laper euy..

    BalasHapus
  26. Sambel yang bener bener melegenda sampe sekarang, bikin ketagihan banyak orang nich

    BalasHapus