April, 2019 lalu, aku berkesempatan mengunjungi jembatan gantung yang lagi heits di Sukabumi. Apa lagi kalau buka Jembatan Gantung Situ Gunung yang adalah jembatan gantung terpanjang di Indonesia. Menyeberang jembatan gantung kami lakukan di hari ke -2 perjalanan semi camp di Tanakita. 

Aku beserta sekitar 10 anggota perwakilan orang tua murid SMPIT Darul Abidin Depok memang memilih camping ground  Tanakita sebagai tujuan menghabiskan rihlah level 9. Perjalanan dari Depok menuju Tanakita, membutuhkan waktu sekitar 4 jam. Sesampai di Tanakita, semua urusan kegiatan sudah ditangani oleh EO yang sudah satu paket dengan Tanakita.
Beginilah penampakan camping ground  Tanakita




Detil kegiatan di Tanakita akan aku posting di tulisan selanjutnya ya.

Nah, di hari ke-2, kami sudah bersiap rapi di pintu masuk menunggu giliran menyeberang jembatan gantung. Berapa biaya tiket masuknya? Per orang dikenakan biaya sebesar Rp 50.000 rupiah. Masih standar ya harga tiketnya. Di sana tidak hanya menyeberangi jembatan gantung saja, tapi kita juga disuguhkan minuman hangat beserta pisang dan singkong rebus. Cocok ya untuk udara yang amat sangat dingin. Selain snack yang bisa kita makan sambil duduk-duduk di sekitar area wisata sebelum menyeberang, di sana juga terdapat cafe dengan pemandangan lepas ke arah gunung dan alam yang luas. 





Puas dengan ngeteh-ngopi dan makan pisang rebus, kami melanjutkan perjalanan menuju jembatan gantung yang tak jauh lagi. 

                      





Jembatan ini menghubungkan 2 gunung dengan ketinggian 161 meter dan panjang 243 meter.  Dengan panjang dan ketinggian yang Wow itu, aku kira aku akan ketakutan atau setidaknya berdebar berada di atasnya. Nyatanya, justru sangat menyenangkan. Terkadang aku berhenti sebentar sambil memandang lepas ke arah luasnya alam, juga sesekali mencoba melihat ke bawah.

Bagaimana setelah menyebrang? Apakah perjalanan susah selesai?
Belum loh ternyata. Kita akan menelusuri jalan setepak menelusuri hutan untuk menuju Curug/air terjun Sawer sejauh kurang lebih 2 km. Lumayan ya?
Maka dari itu, sebelum melakukan perjalanan ini, kita harus sudah mempersiapnya perbekalan airminum, snack, dan obat-obatan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Setelah melakukan perjalanan menyusuri jalan setapak di dalam hutan/seputar gunung, sampailah kami di Curug Sawer. Di sini, emak-emaknya hanya berfoto-foto, sedangkan para siswa dan guru-guru berpuas diri dengan nyebur dan bermain di area curug. Segar ya suasananya.



Selesai menikmati curug, kami kembali mendaki jalan setapak menuju pintu keluar yang tentu saja dengan jarak yang sama saat datang. Bagi yang tidak kuat, sebetulnya ada jasa ojek yang bersiap menyusuri pinggiran gunung sebagai jalur untuk motor. Tapi kabarnya, jalur ini cukup menegangkan juga.

Sebelum menyudahi adventure, kami berhenti sejenak menikmati teh hangat dan makan bakso di satu-satunya cafe alam di sana.





20 Komentar

  1. Ampuunn mbaa.. Kayaknya aku gak bakal berani naik jembatan itu deh hehehe.. Aku takut ketinggian. Nyoba jembatan transparan di kampung warna warni aja aku gak berani, padahal gak panjang sih *tutup muka

    BalasHapus
  2. Aku suka sensasi goyang-goyang ketika berada di tengah jembatan gantung meskipun awalnya ragu-ragu tp alhamdulillah bisa juga melawan rasa takut.

    BalasHapus
  3. Tahun baruan kemarin, saya agak galau antara pengen ke Tanakita atau Bandung. Akhirnya, pilih Bandung karena udah lama gak ke kota ini. Tapi, tetap kangen main ke sana. Pengen juga main lagi ke suspension bridge

    BalasHapus
  4. Keren banget mbak 😍 view nya itu kayak di luar negeri gitu, Instagramable, bagus banget. Di sini juga ada sih jembatan gantung, tp view-nya ga se kece itu..

    BalasHapus
  5. Saya jadi ngebayangin ada jembatan begini di dua bukit yang ada di kampung saya. Pasti jadi tempat wisata yang ramai dikunjungi juga kali ya.
    Apalagi ada curugnya juga, sungai yang unik, dan pemandangan yang indah.
    Pasti perekonomian masyarakat pun akan meningkat.

    Ya ampun baru ngebayangin aja udah seneng gini :D

    BalasHapus
  6. kebetulan tempat ini sudah pernah saya datangi 2 tahun lalu, namun pas lagi dibikin jembatannya , hmmm jadi gak sempat kesitu. Perjalanannya melelahkan tapi worth it sih

    BalasHapus
  7. Sukabumi menjadi destinasi yang asri dan menyegarkan, ya?
    Sayanglah jauh banget dari Bandung pun.
    Saya sih takut dengan jembatan gantung, kaki langsung kaya lunglai ga ada tulangnya, sama kalau manjat pohon dan juga nyoba motoran, hehehe

    BalasHapus
  8. Wah ini destinasi yang diceritain kakakku?
    Jadi pingin kesini juga
    Nunggu ngga hujan kali ya?

    BalasHapus
  9. Waduw..ngeri ngeri sedap nih jembatannya. Itu kalau saya yang lewatin bisa gak ya? Sepertinya keburu gemetar duluan takut jatuh. Wkwkwkw

    BalasHapus
  10. Wahhh, saya penasaran nginap disana n liat lampu2 di jembatan itu, pasti kereenn huhu

    BalasHapus
  11. Bayangin lewat jembatan gantung itu aja udah ngeri, tapi aman2 aja kan kak apalagi view ny kece banget gitu

    BalasHapus
  12. Kalau jembatan terpanjang di Indonesia sebetulnya bukan jembatan gantung situ gunung ini. Karena banyak jembatan yang tidak digantung yang lebih panjang.

    Jembatan situ gunung ini adalah jembatan "gantung" yang tidak hanya terpanjang di Indonesia, tetapi menurut Humas nya saat saya hadir dan minta informasi justru digadang-gadangkna sebagai jembatan gantung terpanjang di Asia tenggara.

    BalasHapus
  13. Ku selalu terpanggil untuk menyebrang setiap melihat jembatan gantung, Fida. Dulu di desa, masa aku kecil, ada jembatan gantung di mana kami, anak2 cilik masa itu, suka banget melintasinya, berayun2 bahkan melompat2 di atasnya agar jembatan bergoyang. Dan jika dilihat oleh orang dewasa, kami pun kena marah. Haha.

    Dan kenangan ini selalu membangkitkan ingin melintas di setiap saat aku melihat jembatan gantung. Dan Jembatan Situ Gunung ini,udah lama masuk wishlist tapi kok belum jadi2 aja, deh, terwujudkan!

    Cakep banget ya? Instagramable! 😊💕💖

    BalasHapus
  14. Aku penasaran banget nih pengen kemari. Maunya bisa sambil kemping juga. Jauh-jauh kalau pp kayaknya sayang gitu waktunya.

    Banyak orang yang deg-deh ser tuh pas melintasi jembatan. Kece nih Mbak malah berani lihat ke bawah, hahaha ...

    BalasHapus
  15. Aku penasaran pengen kesitu mba, foto di jembatannya kayanya antara keren dapet foto bagus sama ngeri-ngeri sedap kalo liat ke bawah yaaa :) Mau kumpulin nyali dulu deh untuk kesana, tapi worth it ya mba pemandangannya pasti bagus dan udaranya sejuk.

    BalasHapus
  16. Aduh pemandangannya indah banget tapi ngeri ngebayangin pas jalan diatas jembatan gantung yang bisa bikin takut dan pusing bagi yang punya phobia ketinggian

    BalasHapus
  17. Masya allah tabarakallah pemandangannya indah banget yah, tapi sayang sekali saya tuh takut sama ketinggian jadi ga bisa jalan2 ketempat seperti ini, bisa - bisa ga jalan, heheh.

    BalasHapus
  18. dari dulu saya cuman bisa nyimak aja di foto2 instgram kalo mau kesini, kapan ya bisa main2 kesini, dan baru tahu juga kalo ada curug sehabis jembatan ini, saya kira habis jembatan ya sudah balik lagi, wkwkwk

    BalasHapus
  19. Jadi penasaran bagaimana sensasinya naik jembatan gantung terpanjang di Indonesia ini. Pasti seru sekali ya Mbak bisa menikmati pemandangan di sekitarnya apalagi setelah itu bisa langsung rekreasi di air terjun.

    BalasHapus