Ayahnya lagi di Bandung, Mamanya juga berhalangan sholat. Tarawih harus tetap terlaksana, ya kan Nak.
Awal sebelum puasa, kami berdiskusi ringan tentang target capaian ramadhan kali ini. Tak usah aku, tak usah pula ayahnya yang aku ceritakan. Tapi dua krucil ini.
Kukatakan, "Mama baru mendengar tausiah seorang ustadzah beberapa waktu lalu. Katanya; Jika ingin punya pencapaian yang lebih baik, jangan cuma niat aja. Tapi buat tabel dan angka secara kongkrit. 
Kalau mau tilawah, berapa kali khatam?
Kalau mau sedekah dan infak, tulis nominalnya di tabel.
Kalau mau murojaah, targetkan berapa persen dari jumlah hafalan.
Ingin menambah hafalan? Tulis jumlah juz nya.
Buat tabelnya, pakai angka, konkrit, dan laksanakan!"

"Kita? Harus nya bisa kan?" Sambungku. "Biarpun bukan ber Juz-Juz... Tapi bisalah kita bikin target. Gimanaaa???? Bisaa??"
"Bisa, bisa." Kata Hamdi Ringan.
"Mama tanya satu-satu yaaa. Hamdi target khatam selama ramadhan, sanggup?"
"Sanggup." Kata Hamdi.
"Berapa kali?" Lanjutku.
"Satu kali lah, kan udah 1 juz juga itu 1 hari. Hamdi biasanya 2 lembar sehari pun."
"Oke. Sanggup ya 1 juz sehari dan akhir ramadhan bisa khatam. Kalo Ahza, target berapa juz selama 1 bulan?" Sama Ahza tak kutanya khatam, tapi berapa banyak Juz saja.
"Berapa yaaa... 1 lembar sehari berarti berapa juz sebulan yaa.." Jawab ahza.
"Yaaahhh.. Kalau 1 lembar sehari, nggak ada bedanya dong sama hari biasa. Katanya ramadhan harus bisa lebih lebih lagi." Kataku.
"Ya udah, 3 lembar deh."
"Oke. Berarti 1 bulan bisa dapat 9 juz ya."
"Sekarang lanjut ke target surat tambahan buat dihafal... Nggak usah berapa juz ... Berapa surah aja .... Bla bla bla bla bla.." dan seterusnya
Walau, masih diingatkan, alhamdulillah, program ramadhan buat 2 krucil ini masih berjalan lancar sampai hari ini.
Mungkin yang masih ada bolong-bolongnya adalah "tahajud" dan baca "alma'surat"
Nb: Ketika di poto, Ahza baru aja nangis gara-gara waktu sujud kepalanya tersenggol Bang Hamdi, jadi hidungnya sakit 😅😅😅

2 Komentar

  1. Insya Allah aku terapkan. thanks

    BalasHapus
  2. Halo semuanya

    Nama saya FRADESY RIRITIA, saya dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda semua yang sebenarnya, semua orang yang Anda lihat posting mereka di blog dan situs web ini adalah pencuri (PENCURI), saya telah menjadi korban cerita mereka dan mereka telah menghancurkan hidupku.
    Saya di sini bukan untuk bercerita tentang bagaimana saya ditipu dan bagaimana saya kehilangan banyak uang karena mereka.

    Saya di sini untuk memberitahu Anda PERUSAHAAN PINJAMAN yang benar dan satu-satunya yang dikirim ALLAH untuk mengubah hidup saya, mereka SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL, mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman asli yang diakui dan didanai oleh BANK DUNIA.

    Mereka adalah satu-satunya perusahaan pinjaman asli, mereka memiliki syarat dan ketentuan pinjaman yang cukup besar, untuk memahkotai semua pinjaman mereka terjangkau dan cepat dicairkan tidak seperti perusahaan palsu lain yang Anda lihat di sini secara online yang akan mengambil uang Anda tanpa mencairkan pinjaman Anda,
    Tolong jangan tertipu oleh penguji yang memiliki nomor indonesia dan whatsapp, mereka semua scammer, bagaimana bisa perusahaan perseorangan memberikan pinjaman ?, itu pertanyaan pertamamu orang-orangku.

    Rekan-rekan saya di Asia, saya mohon Anda untuk mendengarkan saya karena saya bersumpah kepada Anda dalam nama Allah, bahwa saya mengatakan kepada Anda semua yang sebenarnya, PINJAMAN HIBAH SEMUA GLOBAL, perusahaan adalah satu-satunya perusahaan yang dapat diandalkan dan mereka akan memastikan Anda menerima pinjaman Anda setelah Anda menyelesaikan proses pinjaman sesuai kebutuhan.
    Mengapa Anda tidak berada di antara kabar baik ini dengan menghubungi mereka segera jika Anda SANGAT TERTARIK untuk meninggalkan perjuangan finansial Anda dan untuk meningkatkan taraf hidup Anda, berikut adalah EMAIL mereka allglobalgrantloan@gmail.com.

    Anda sangat bebas untuk menghubungi saya di email saya fradesyriritia12@gmail.com untuk informasi lebih lanjut, saya akan senang mendengar Anda berbagi cerita kebahagiaan Anda sendiri.
    Terima kasih semua, dan semoga ALLAH memberkati SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL karena telah memberikan saya kegembiraan baru ini.

    NAMA Perusahaan: SEMUA PINJAMAN HIBAH GLOBAL EMAIL Perusahaan: allglobalgrantloan@gmail.com. Whatsapp Perusahaan: +1 (301) 971-4445 Email Saya: fradesyriritia12@gmail.com

    BalasHapus